By : Adrie Soetopo  (Coach Skolari)

Acara Faith Over Fear #bincangsehatditaman yg diprakarsai RS MMC menjadi sebuah media efektif bagi masyarakat utk mengetahui lebih jauh ttg penyakit kanker yang saat ini menjadi penyakit nomer 2 di dunia terbanyak memakan kurban.
Dokter2 yang menjadi nara sumber acara ini adl dokter2 muda MMC spesailis  kanker, khusus nya kanker usus besar & kanker payudara.
Selain itu hadir pula mas Indro Warkop & anaknya mbak Hada untuk berbagi bagaimana sebuah keluarga bersikap dalam menerima anggota keluarga yg terkena kanker. Skolari diundang sbg salah satu nara sumber agar masyarakat lbh mengerti pentingnya olahraga & hidup sehat sebagai salah satu cara mencegah kanker.

Kanker adl penyakit yang bisa menjangkit pada setiap orang, tidak pandang gender maupun usia. Tetapi bukan berarti harus ditakuti dan menganggap semuanya berakhir saat kita divonis, tetapi bagaimana kita menghadapinya, fight over fear...dan lebih dini lagi adl bagaimana mencegahnya. Kanker bukan penyakit yang pasti akan berujung pada kematian karena banyak kasus juga yang berujung pada kesembuhan si pasien.

Mencegah lebih baik drpd mengobati, kalimat bijak ini sangat sulit untuk dijalankan karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam melihat penyakit kanker. Ada beberapa point penting yg hrs diperhatikan:

1.      Mulai dgn pola hidup sehat sedini mungkin, pola makan yg baik, nutrisi sehat, olahraga cukup, stress management, istirahat cukup.
2.      Periksakan diri secara berkala ke dokter, tidak selalu setelah ada benjolan yg tidak umum di bagian tubuh
3.      Periksakan diri jika ada penyakit umum yang tidak sembuh2, seperti batuk.

Hidup mati seseorang sudah dalam takdir Allah, tinggal kitanya bersikap dalam mengisi waktu yang diberikan Nya. Untuk menghindari kanker mari kita lakukan apa yg memang sudah seharusnya… menjaga pola makan sehat, pola hidup sehat & seimbang, sikap positif, & konsisten berolahraga.

Salam sehat selalu untuk kita semua???