By: Valast Ahmad (Skolari Coach)
 
Gold Coast Marathon (GCM) adalah salah satu goal saya di 2019, pengen personal best di race ini
 
Dimulai dgn daftar di awal januari dan mempersiapkan sisi “domestik” nya utk keperluan kesana, dan plan halan-halan nya setelah race
 
Akomadasi dan syarat legal (visa) utk bisa ke Australia dipersiapkan.
 
Domestik selesai, sekarang persiapan untuk race nya sendiri
Saya persiapkan diri saya untuk 16 minggu berlatih, atau sekitar 4 bulan. Karena race di awaj Juli, program latihan saya mulai di awal Maret. 
 
Mencoba memenuhi waktu latihan 5 hari dlm seminggu, 2 hari waktu buat rest day, dengan jumlah km yang sudah disiapkan secara bertahap setiap minggu nya
 
Selain latihan lari dengan menu easy run, tempo run, interval, speed play dan Long run, saya juga berlatih core dan strength training, untuk memperkuat big muscle paha dan bagian panggul.
 
Ujian terberat untuk persiapan GCM ini adalah bulan may, bulan Ramadhan. 
Bulan Ramadhan latihan sdh mulai memasuki peak, dimana Long run nya sdh di atas 20k per minggu. Untuk latiham harian saya siasati dengan sahur lebih pagi sekitar 3:30, jam 4 saya start latihan, spy sampai menjelang imsak saya masih bisa minum, pas azan pulang dulu utk subuh dan kemudian di lanjutkan kembali. Oya tambahan informasi sy berlatih di sekitar komplek rumah supaya lebih aman, banyak pak satpam ??
Untuk Long run saya lakukan di sabtu malam, setalah taraweh, dan latihannya tetap sekitar komplek karena sdh dipastikan jam 23:00 kadang saya masih latihan ahahhahaha
Pak Satpam sih santai krn ini pemandangan yang sdh biasa bagi mrk melihat saya latihan sampai malam kalau bulan Ramadhan.
 
Dan Trainining plan bulan Ramadhan pun berjalan dengan lancar.
Jadi ibadah bukan alasan untuk tidak latihan ya gaessss ??
 
Memasuki awal bulan juni adalah peak training saya buat GCM
Di minggu ke 2 Juni sampai minggu ke 3 Juni latihan saya sudah mulai turun, dan minggu ke 4 juni, week taper off
Yess! Hari yang dinanti akan segera datang.. 7 Juli adalah waktu yang di tunggu-tunggu ?
 
Berangkat Kamis malam ke Gold coast, Jumat pagi 5 Juli landing di sydney utk transit, dan sekitar jam 11 saya sdh di Gold coast. Kota yang indah dengan suasasa pantai, yaaa seperti Bali lah dengan tampilan yang modern.
Cuaca saat itu kalau kata orang sana saat ini tidak seperti Cold coast yg biasanya
Angin nya kencang dan hujan
Hmmmmm kita tidak boleh berkecil hati, jangan sampai tertanam di pikiran kita  cuaca tsb berefek negative ke kita, Mari bayangkan yang senang-senang aja. 
 
Setelah istirahat sebentar di hotel, mandi, saya menuju expo pengambilan race pack, dari hotel naik tram dan turun pas di depan expo nya. Lumayan banyak barang2 perlengkapan olah raga di expo, muter2 expo sekalian cari oleh2 buat teman2 di Jakarta. Transportasi umum disana sangat menyenangkan. Malamnya dinner di Hard rock cafe dengan teman2 pelari dari Jakarta, ada coach Chaidir akbar, Coach iyan, Cak Roi dan chieko teman2 dari Bintaro.Setwlah dinner kita janjian untuk lari bareng sabtu pagi nya di pantai Surfer Paradise.
 
Sabtu pagi kita katihan sekalian penyesuaian cuaca disana. Dan anginnya memang kencang banget yaaaa ??
Sabtu pagi kita lari juga bareng Uni Malanie Putria, dan ketemu juga dengan pelari andalam Indonesia mas Agus Prayogo dan Mba Trianingsih,Ikutan GCM juga untuk jarak Half marathon
 
Sabtu nya setelah sholat Isya, beresin perlengkapan buat Minggu saya istrirahat, Race nya dimulai sekitar jam 7:20
 
Minggu bangun subuh yang pertama dilakukan melihat ke jendela, liat pohon2 apakah meliuk-liuk seperti hari sebelumnya, alhamdulillah pohon2 tidak terlalu meliuk-liuk ditiup angin.
 
Berangkat menuju venue seperti biasa dengan tram, dan posisi venue juga dekat dengan stasiun tram. Oya hari Minggu semua yang memakai BIB free naik tram sampai jam 15:00.. Lumayaaan ?
 
Sampai di race area seperti biasa ketemu teman2 dari Indonesia, Foto-foto dan bersama2 menuju start line. 
 
Menjelang start langit susah gelap lagi.. dan kira2 sekitar 15 mnt sebelum start hujan deras. Kami sdh persiapkan jas hujan, tapi krn deras baju tetap basah dan sepatu sdh basah juga
 Alhamdulillah menjelang gun start mulai reda, dan kami start masih hujan walopun sdh tidak deras.
 
Sepanjang perjalanan hanya berdoa dan positive thinking bahwa kaki tidak akan blister.
Alhamdulillah kaki aman dari blister walopun sepatu sdh sangat basah.
 
Cuaca nya galau, kadang hujan, gerimis, kemudian muncul matahari, mendung lagi, angin seperti biasa lumayan kencang.
 
Di km 11 muncul pelangi, double rainbow!
Yess badai pasti berlalu katanya ahahahaha.
 
Berusaha menjaga pace supaya bisa finish sesuai dengan target, menikmati trek, menikmati pantai dan anginnya.. Dan setalah 4 jam 28 menit berlari akhirnya finish juga. Yess PB gaesss sesuai dengan target sub 4:30.. Alhamdulillah ??
 
oiya.. selama race saya berbekal kurma 5 buah dan minum
isotonic dan air putih di WS
 
Demikian cerita saya persiapan Marathon, Respect your race dengan latihan yg baik.