By: #BarefootJogger 

Photo Credit: @panjiocr

Tahura 2020

Bukan race lintas alam pertama yang saya lakukan. Bedanya, di race2 sebelumnya, saya berlari di trek off road menggunakan sepatu Trail (New balance Minimus dan Salomon Speedcross 3) kali ini saya mau mencoba Vibram Fivefingers VTrail 2.0. 
Rutin, sekali seminggu saya sempatkan buat nge loop di JPG BSD 8K,12K,15K, kok ini sepatu enak banget ya. Mega Grip plus Fleksibilitas khas Vibram makin bikin saya pe de buat ikutan event pembuka Trail Run tahun ini.

Race day,

Nggak banyak berbeda dgn latihan, saya lebih banyak mengatur strategi, membiaskan kaki, telapak kaki di trek keras ( batu dan semen ) di KM 1 sambil mengatur nafas pas nanjak. Toh jarak masih panjang, 17K apalagi ini Trail Run. Hujan rintik mulai terjadi sejak KM2 hingga KM6 dan ini membuat trek yg mulai masuk ke jalur Off Road jadi licin.

Amazingly,

Hampir nggak pernah saya Slip di trek2 licin dan berbatu di Tahura. Saya malah sangat confidence, dan bisa atur nafas lebih teratur sampai kilometer akhir.

Zero Drop power,

Vibram Fivefingers plus keleluasaan jari jari di dalam sepatu ( feels like barefoot ) menurut saya jadi kekuatan sepatu ini buat berlari di trek all terrain. Untuk Trek licin Kekuatan kaki yg (hampir) langsung bersentuhan dengan terrain surface plus cengkraman mega grip di VFF VTrail, membuat kita makin leluasa untuk bergerak tanpa khawatir terpeleset.

Trik Fivefingers VTrail,

Untuk Hard terrain, berpikirlah sama ketika kita mengendarai sepeda gunung, dgn ban full offroad ( bukan all terrain seperti Maxxis Eddy Larsson) atur nafas, naikan cadence (ngicik) hingga masuk lagi ke trek off road, perlahan feel the ground naikan tempo, power walk bila medan makin steep. Bagaimana rasanya?  Reflex jari jari kaki hingga ke upper body benar benar Natural. Dan saya semakin nyaman buat maju.
Seriously !!!

Good Target strategy,

Untuk Trail Run, saya nggak mematok taget yg "ngoyo" seperti saat race di jalan raya. Anything can happen on Trail. Sebut saja Faktor cuaca, trek, running injury saat kaki dibebani tanjakan turunan, jalur berbatu dll, apalagi saya baru kali ini memakai Vibram Fivefingers untuk Trail Run. Finish Under 3 jam saya rasa cukup masuk akal.

Voila,

Alhamdulillah, saya bisa sampai finish dengan selamat dengan catatan waktu 2.26 menit. Kondisi kaki?
No Blister,
No broken nails
No pegel2

So, pilihan saya untuk semua aktifitas lelarian Road dan Trail akhirnya jadi full Fivefingers. Maybe Next mau coba juga Running Sandal macam Luna, earth runners, or Xero.
#barefoot #running #vibramfivefingers #trailrunning #runningissharing #skolari #sekolahlari