By: Valast Ahmad (Skolari Coach)

Kita harus memahami mengapa recovery run sangat penting, dan apa saja yang bisa kita lakukan pada saat proses recovery run tersebut setelah melakukan lomba, dimana kita akan berusaha untuk mencapai target sesuai dgn goal latihan. Setelah periode yg melelahkan tersebut tubuh kita perlu relax, bersantai dan malakukan apapun yg tubuh perlukan setelah lomba. Fakta nya.. Kamu perlu recovery!

Manfaat recovery run adalah supaya stamina dalam tubuh kembali normal untuk menjalani program latihan yang berikut nya dengan disiplin untuk menyongsong lomba berikutnya

Perlu diingat bhw tujuan recovery run adalah untuk memfasilitasi proses recovery tubuh bukan membuat tubuh semakin lelah.
Kita hrs merasa nyaman berlari dlm kondisi tersebut, atau mengajak a running body adalah salah satu cara terbaik dlm recovery run krn bisa sambil ngobrol2 dan becanda. Bisa dengan berlari jarak pendek dengan pace yang paling nyaman. Salah satu ciri2 recovery run nafas tidak sesak dan tubuh tdk merasa lelah.

"Konon seorang kenyan (pelari asal kenya) pd saat recovery bermain di pace 6.
Apalagi kita yg pelari rekreasional gaesss? Bayangkan seorang kenyan pun melakukan recovery."

Dalam proses recovery run mungkin kamu akan merasa bosam dan sangat lambat, tapi itulah tujuannya “to recover” bukan membuat badan semakin lelah.

Mengapa recovery run itu sangat penting? Boleh percaya boleh tidak tp recovery run bisa berdampak secara physical memperlancar peredaran darah kita, dan menjaga spy organ2 tubuh kuta seperti ginjal, jantung hingga liver.

Hal-hal yg busa dilakukan pada saat recovery :


1. Setelah selesai lomba lakukan pendinginan yang baik dan benar. Hal ini sangat perlu utk menjaga kesehatan otot dan menjaga kondisi tubuh            selalu prima
2. Beri tubuh istirahat yang cukup
3. Makan berguzi. Intake kaobohidrat dan protein yang cukup untuk mengganti energi dalam tubuh yang terkuras pada saat lomba
4. Kalau lomba nya di luar kota, mis bali, jogja atau di LN, jalan2 jalan lah gaessss


HAPPY RECOVERY